Ucapan Bahagia 7

Berbahagialah mereka yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah.

Kita harus memeriksa hidup kita. Apakah kita mengasihi Tuhan atau mengasihi dunia? Dunia hari ini makin jahat. Konflik dalam keluarga, konflik dalam gereja dan konflik dalam masyarakat. Kita harus menghindari konflik dan membawa damai.

Membawa damai dapat diartikan menghindari permusuhan sekalipun seseorang memusuhi. Selalu ada orang yang akan memusuhi kita. Kita harus membawa damai untuk orang yang memusuhi kita. Kita tidak boleh membuat permusuhan dengan siapapun. Pada waktu kita berusaha berdamai dengan orang yang memusuhi kita, kita akan tersakiti. Tetapi melalui ini kita dilatih membawa damai dan membuktikan bahwa Tuhan selalu dipihak yang benar.

Membawa damai artinya membawa orang lain agar memiliki hubungan dengan Tuhan dipulihkan atau didamaikan. Untuk berdamai dengan Tuhan seseorang harus dewasa rohani, karakternya harus benar, harus memiliki pikiran dan persaaan yang sesuai dengan pikiran dan perasaan Tuhan. Orang harus belajar kebenaran, sampai lapar dan haus akan kebenaran. Dan itu harus menjadi irama hidupnya.

Membawa damai berarti tidak membawa keresahan bagi orang lain, dalam keluarga, dalam gereja dan dalam masyarakat. Kalau kita membela Tuhan, kita harus membawa orang berdamai dengan Tuhan. Kita tidak boleh membuat onar atau membuat orang merasa takut, terancam terhadap keberadaan kita. Kita harus berusaha membawa damai.

Orang harus berdamai dengan diri sendiri lebih dahulu. Orang ini harus menerima dirinya sendiri sebagaimana adanya dihadapan Tuhan. Tidak perlu menuntut orang lain menghormati kita.

Kita harus memiliki kodrat pembawa damai. Seperti garam ditaruh di manapaun akan asin. Seperti terang ditaruh di manapaun akan menerangi.

Menciptakan kasih bagi orang-orang yang memusuhi kita. Tuhan sendiri berkata "janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu". Kita harus mau belajar melakukan ini. Kita harus belajar mengalah.

Ditengah dunia yang jahat dan suasana dunia yang keruh kita harus membawa damai. Kita harus punya orang-orang yang memiliki persaudaraan yang merasa nyawamu nyawaku, keluargamu keluargaku. Kita harus membawa damai sampai orang lain menjadi saudara kita yang juga membawa damai. Kita harus menjadi teladan di keluarga, di kantor, di tempat kerja.

Membawa orang berdamai dengan Allah. Artinya menghadirkan Allah dalam hidup kita. Orang lain dapat merasakan kehadiran Tuhan melalui hidupnya. Tuhan datang untuk orang-orang sakit (jiwa), orang miskin, orang-orang yang terbuang. Kita harus menyembuhkan orang-orang ini.

Kita tidak boleh melukai siapapun melalui perkataan dan tindakan kita. Tutur kata kita harus membuat orang berdamai dengan diri sendiri, berdamai dengan orang lain dan berdamai dengan Tuhan.

Membawa damai artinya tidak membawa kekacauan. Tidak ikut-ikutan membuat keributan. Tidak merugikan siapapun.

0 comments:

Post a Comment

My Instagram