Ucapan Bahagia 6

Berbahagialah orang yang suci hatinya, karena mereka akan melihat Allah.

Katharoi yang diterjemahkan suci di sini. Suci adalah keadaan hati yang tidak tercemari dosa atau tidak bernoda. Hati yang terpelihara dari kejahatan, seperti dendam, cemburu, marah. Kesucian adalah keadaan batiniah yang bebas dari unsur-unsur yang negatif atau jahat. Seorang tidak mencuri bukan karena dilarang, tetapi memang tidak ada niat sama sekali. Tidak berzinah bukan karena dilarang, tetapi memang karena tidak ada niat atau naluri untuk berzinah.

Dosa adalah ketidaktepatan atau meleset. Pangkalan dosa ada di hati dan pikiran. Inilah yang harus dibersihkan. Dosa itu adalah suka-suka sendiri. Ini harus diubah menjadi suka-suka Tuhan. Sampai seseorang bisa berkata makananku adalah melakukan kehendak Bapa dan menyelesaikannya. Orang seperti ini dapat mengerti pikiran dan perasaan Tuhan.

Orang yang memiliki kesucian tidak berpotensi berbuat dosa. Orang bisa saja tidak membunuh, tetapi dia marah dan mendendam bahkan mengutuk. Ini dapat disebut potensi membunuh. Hal ini harus dibersihkan atau dimatikan kodrat dosanya.

Melihat Tuhan dengan hati. Memiliki pikiran dan perasaan Tuhan. Kalau seseorang berpotensi melakukan apa saja yang Tuhan inginkan, maka ia berpotensi melihat Tuhan dengan hati. Melakukan kehendak Tuhan tidak bisa dikerjakan tanpa mengosongkan bejana hidup untuk Tuhan isi. Apapun yang orang ini lakukan, pikirkan dan rasakan selalu sesuai dengan kehendak Tuhan.

Tujuh puluh tahun umur manusia adalah untuk mengembangkan potensi berkodrat ilahi. Allah orang kristen adalah Allah yang kudus, Ia tidak mentolerir ketidak kudusan. Itu sebabnya Tuhan Yesus menuntut sempurna seperti Bapa. Semakin kita belajar kebenaran, mengerti dan melakukannya semakin kudus kita. Ini adalah perjuangan. Perjuangan untuk mematikan keinginan mata dan keinginan daging setiap hari. Tuhan yang menjadi tujuan hidup bagi orang yang suci hatinya.

Oleh karena itu, setiap hari kita harus membunuh kodrat dosa. Sampai kita bisa datang kepada Tuhan tanpa minta ampun lagi, sebab kita berkodrat ilahi. Tidak ada dosa yang dapat kita buat lagi. Inilah orang yang suci hatinya. Irama hidupnya selalu selaras dengan Tuhan, yaitu memiliki pikiran dan perasaan Kristus dalam hidupnya.


0 comments:

Post a Comment

My Instagram